Makalah Belum Direvisi
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Nama : M.Iqbal Maulana Machfud
Nim : 201704010021
Nim : 201704010021
Semester 1
Al Qur'an Yang Agung
Al Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab.Dalam sejarah pemeliharaan Al Qur'an dimasa Sahabat,Tabi'in dan Tabi'it Tabi'in,ada beberapa lahjah,pembacaan dan dialek yang berbeda dalam pengucapan kata kata maupun kalimat dalam membaca Al Qur'an diantara suku suku atau qabilah qabilah Arab.Diantara lahjah lahjah bahasa Arab yang mashur ialah Lahjah lahjah Quraisy,Hudzail,Tamim,Asad,Rabi'ah Hawazin dan Sa'ad.Yang dalam tarikh melahirkan Qira'ah Sab'ah (tujuh) yang termashur itu.
Latar Belakang Qira’ah Sab’ah
QIRO’ATIL QUR’AN
MAKHROJUL
HURUF
Dosen Pengampu : Drs.ZAINAL ABIDIN,M.Pd.I
DI SUSUN OLEH :
»AHMAD AKHIRUDIN
»ANI NURLAILI
»M.IQBAL MAULANA MACHFUD
»M.NUR HUDA
»RO’ISATIN
»TANJUDAN SUKMAWINATA
»TAUFIQ ROFIQIMUBIN
FAKULTAS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS
DARUL ULUM JOMBANG
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami haturkan
kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar,
sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ULUMUL QUR’AN yang berjudul “HUKUM
LAM DAN RA“ ini dapat diselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Shalawat serta salam semoga tetap
terlimpahkan kepada Junjungan kita Rasulullah SAW yang mana telah membawa kita
semua dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini.
Kami mengucapkan terimakasih kepada
seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Kami menyadari
bahwa dalam makalah ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kepada para
pembaca kami mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan makalah yang kami
buat selanjutnya. Semoga makalah ini benar-benar bermanfaat bagi para pembaca
dan khususnya bagi kami.
Kami berharap semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya dan dapat sedikit mewujudkan
pengetahuan didalam lembaran ini.
Jombang, 28 Desember 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................................i
DAFTAR ISI
...............................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
............................................................................................1
B. RUMUSAN MASALAH
.......................................................................................2
C. TUJUAN MAKALAH
..........................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
QIRA’AT SAB’AH ........................................................................................................3
A. PENGERTIAN QIRA’AT
SAB’AH........................................................................3
B. LATAR
BELAKANG TIMBULNYA PERBEDAAN QIRA’AT ..........................4
C. DASAR HUKUM
.................................................................................................5
D. MACAM-MACAM QIRA’AT
..............................................................................5
E. HIKMAH MEMPELAJARI
QIRA’AT ...............................................................10
BAB III PENUTUP
1. Kesimpulan
.........................................................................................................11
2. Daftar Pustaka
....................................................................................................12
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Makalah ini kami buat khusus nya untuk para remaja muslim yang gemar
membaca Al Qur’an agar mereka dapat lebih berhati-hati lagi dalam membaca Al
Qur’an khusus nya dalam HUKUM BACAAN LAM DAN RA.karena pada kehidupan nyata
sehari-hari sangat banyak di jumpai seseorang yang membaca Al Qur’an dengan
asal- asal an,padahal sudah pasti jika seseorang salah sedikit saja dalam
membaca Al Qur,an maka akan dapat merubah makna sesungguh nya dari Al Qur’an
itu sendiri,oleh sebab itu dengan kami buat nya makalah ini di harap kan dapat
memperbaiki cara baca seseorang dalam membaca Al Qur’an lebih baik lagim,khusus
nya dalam HUKUM BACAAN LAM DAN RA.
B. Rumusan masalah
1. Ada berapa macam hukum
bacaan lam dan ra?
2. Pada bagian apa makhrojul
huruf lam dan ra ?
3. Apaperbedaan hukum bacaan
lam dan ra menurut qiraah sab’ah?
C. Tujuan
· Agar kita mampu memahami dengan ditail hukum bacaan Ra dan Lam dari sudut pandang
hukum tadjwid,mahrojul huruf,perbedaan qira'ah dan i'lal perubahan katanya
· Mampu membaca huruf Ra dan
Lam sesuai dengan otopsi dan kaidah nya
BAB II
PEMBAHASAN
1. Hukum
tajwid
Memahami Hukum
Bacaan Lam Jalalah Dan Ra’
Bacaan Lam Jalalah | Hukum
Bacaan Lam Jalalah dan ra merupakan bentuk hukum bacaan dalam Ilmu tajwid yang
perlu untuk kita pelajari . Lalu apakah yag di maksud dengan lam jalalah ? ada
berapa macam lam jalalah ? Dan apakah yang dimaksud dengan hukum bacaan ra
sukun? apa saja yang termasuk di dalamnya ? mungkin diantara kita masih ada
yang bertanya – tanya . Pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajari
keduanya.
Pengertian Hukum Bacaan Lam Jalalah
Alif
lam jalalah yaitu hukum bacaan lam dalam lafadz Allah ( الله ) dalam
Al- Qur’an . Yang artinya utuk mengagungkan Allah swt .
Cara
membaca Alif lam jalalah yaitu :
1. Tafkhim
2. Tarqiq
A. Lam Jalalah Tafkhim
Lam jalalah tafkhim yaitu lam jalalah yang
di baca tebal .
Ciri
– ciri lan jalalah tafkhim :
a. Berada di awal kalimat
contoh :
- Dalam QS. Al- Ihlas ayat 2
- Dalam QS.Al- Baqarah ayat 255
b. Lafadz Jalalah setelah huruf yang
berharakat fathah .
Contoh :
- Dalam QS. Al- Ihlas ayat 1
c. Lafadz Jalalah berada setelah huruf yag
berharakat domah
Contoh :
- Dalam QS. AL- Humazah ayat 6
B. Lam Jalalah Tarqiq
Lam jalalah tarqiq yaitu lam jalalah yang
dibaca tipis .
Ciri – ciri lam jalalah tarqiq yaitu lam
jalalah yang huruf sebelumnya berharakat kasrah .
Contoh dalam bacaan :
“ Bismillah “
Membaca Lam secara
tafkhim atau tebal yaitu hanya pada lam jalalah . Sedangkan pada lafadz yang
lain walaupun sebelumnya diawali dengan huruf fathah ataupun domah . Akan
tetapi , cara bacanya yaitu tarqiq atau tipis .
Hukum Bacaan
Ra’
Dalam ilmu tajwid hukum bacaan ra
dibagi menjadi dua , yaitu Ra tafkhim dan Ra tarqiq
1.Bacaan Ra’ yang dibaca Tafkhim ( tebal )
Ciri – cirinya :
a. Apabila ra berharakat fathah
b. Apabila Ra berharakat Damah
c. Apabila Ra berharakat sukun dan huruf
sebelumnya berharakat fathah
d. Apabila Ra berharakat sukun dan huruf
sebelumnya berharakat damah
e. Apabila ada ra sukun atau ra mati dan
huruf sebelumnya berharakat kasrah aridhah atau kasrah bukan asli yaitu kasrah
yang terdapat pada hamzah wasal , tetapi diwasalkan sehingga hamzah itu tidak
terbaca .
f. Apabila ada ra sukun yang huruf
sebelumnya berharakat kasrah dan huruf sesudahya adalah huruf isti’la yang
tidak berharakat kasrah .
g.Huruf Ra sukun yang diwaqafkan ,
dan huruf sebelumnya adalah huruf yang berharakat fathah
h. Huruf Ra sukun yang di waqafkan dan
huruf sebelumnya adalah huruf yang berharakat domah
i. Huruf Ra sukun yang diwaqafkan
dan huruf sebelumnya adalah huruf alif
j. Huruf Ra sukun yang diwaqafkan dan
huruf sebelumnya adalah huruf wawu
k. Huruf Ra sukun
yang diwaqafkan , yang huruf sebelumnya adalah huruf berharakat sukun dan
diawali oleh huruf yang berharakat fathah
l. Huruf ra sukun yang di waqafkan , yang
huruf sebelumnya adalah huruf berharakat sukun dan diawali dengan huruf yang
berharakat domah
Contoh bacaan ra tafkhim :
2. Hukum Bacaan Ra Tarqiq ( tipis )
Ciri
– ciri bacaan ra tarqiq :
a. Apabila huruf Ra berharakat kasrah atau
kasrah tain
b. Apabila Ra sukun didahului oleh huruf
yang berharakat kasrah dan sesudahnya bukan huruf isti’la ( huruf yang di baca
tebal )
c. Apabila Ra berharakat damah atau
damahtain dan huruf sebelumnya berupa Ya sukun dan Ra tersebut di waqafkan .
Contoh bacaan ra tarqiq :
3. Hukum Bacaan Ra tafkhim dan tarqiq
Ciri
– ciri ra yang dibaca tafkhim dan tarqiq :
a. Apabila ra sukun di dahului oleh huruf
berharakat kasrah dan huruf sesudah huruf ra terdapat huruf isti’la yang
berharakat kasrah atau kasrahtain
b. Apabila ada Ra sukun didahului oleh
huruf yang berharakat kasrah dan sesudah ra terdapat huruf isti’la yang tidaj
berharakat kasrah .
Contoh bacaan ra yang di baca tafkhim dan
tarqiq :
بِحِرْصٍ
, مِرْصَادٌ
Demikian penjelasan mengenai hukum bacaan
lam jalalah dan hukum bacaan ra. Semoga dengan penjelasan yang sesingkat ini ,
dapat bermanfaat . Dan dapat sedikit untuk mengurangi dan memperbaiki bacaan –
bacaan kita dalam membaca Al-qur’an . Ami
Hukum Bacaan Ra' Tafkhim,
Tarqiq dan jawazul wajhain + Contoh
Huruf hijaiyah ketika bertemu ra itu ada 3 hukum
bacaan yaitu Tafkhim ( Tebal ) Tarqiq ( Tipis ) dan jawazul wajhain ( Boleh
tebal boleh tipis ). Namun ada syarat tersendiri mengapa kok ra' bisa dibaca
seperti 3 model seperti itu. Oleh karena itu mari kita bersama - sama
muthala'ah tentang hukum tajwid bacaan ra'. Agar tajiwd kita dalam
membaca Al-Qur'an itu benar.
Hukum bacaan ra sukun tanpa kita sadari ternyata kita telah mempelajarinya pada waktu duduk dibangku sekolah dasar , namun karena sangking lamanya kita tidak mengulangi jadi wajar deh , kalau kita lupa , akan tetapi berbeda lagi ceritanya , meskipun kita tidak pernah mempelajarinya secara terus menerus tetapi setiap membaca Al-Qur'an langsung di praktekan ilmu tajwidnya , maka dengan sendirinya kita akan ingat terus sampai akhir hayat.
Tanpa panjang lebar mari kita belajar hukum ra' , tapi sebelumnya alangkah baiknya jika kita melihat terlebih dahulu , skema hukum ra sebagai berikut ;
Hukum bacaan ra sukun tanpa kita sadari ternyata kita telah mempelajarinya pada waktu duduk dibangku sekolah dasar , namun karena sangking lamanya kita tidak mengulangi jadi wajar deh , kalau kita lupa , akan tetapi berbeda lagi ceritanya , meskipun kita tidak pernah mempelajarinya secara terus menerus tetapi setiap membaca Al-Qur'an langsung di praktekan ilmu tajwidnya , maka dengan sendirinya kita akan ingat terus sampai akhir hayat.
Tanpa panjang lebar mari kita belajar hukum ra' , tapi sebelumnya alangkah baiknya jika kita melihat terlebih dahulu , skema hukum ra sebagai berikut ;
Pengertian Bacaan Ra' Tafkhim Contoh dan Cara
Membacanya
Tafkhim menurut bahasa adalah tebal , sedangkan
menurut istilah Tafkhim (تَفْخِيْمُ)adalah menebalkan huruf
tertentu dengan cara mengucapkan huruf tertentu dengan cara mengucapkan huruf
di bibir (mulut) dengan menjorokkan ke depan (bahasa Jawa mecucu).Cara
membacanya yaitu dengan bibir sedikit kemuka atau monyong.
Ra' Wajib hukumnya dibacal tebal ( tafkhim ) manakala:
Ra' Wajib hukumnya dibacal tebal ( tafkhim ) manakala:
- Ra bertanda baca fathah. Contoh:
رَحْمَةَ
اللهِ، حَشَرَةٌ، اَلرَّحِيْمِ، اَلْفُقَرَآءَ
- Ra bertanda baca dammah. Contoh:
اَ ْلاَخْيَارُ، كَفَرُوْا، اُذْكُرُوا اللهَ،
رُفِعَتْ
- Ra bertanda sukun (mati), sedang huruf di belakangnya berupa huruf yang difathah. Contoh:
مَرْحَبًا،
نَرْزُقُكُمْ، مَرْيَمُ، قَرْيَةٍ
- Ra bertanda suku, sedang huruf di belakangnya berupa huruf yang didammah. Contoh:
ذُرِّيَّةً،
قُرْبَةً، عُرْيَانًا، حُرْمَةً
- Ra yang bertanda baca sukun, sedang huruf di belakangnya berupa huruf yang dikasrah, namun kasrah ini bukan asli tetapi baru datang. Contoh:
اِرْجِعِيْ، اِرْحَمْ،
اِرْجِعُوْا، اَمِ ارْتَابُوْا
- Ra bertanda baca sukun, sedang huruf di belakangnya berharakat kasrah asli dan sesudah ra bertemu dengan huruf isti’la (حَرْفُ اِسْتِعْلاَءٍ) yang terdapat tujuh huruf yang terkumpul pada kalimat: <خُصَّ ضَغْطٍ قِظْ Contoh:
يَرْضَاهُ،
فُرْقَةٌ، لَبِالْمِرْصَادِ، قِرْطَاسٌ
Pengertian Bacaan Ra' Tarqiq Contoh dan Cara
Membacanya
Menurut
bahasa Tarqiq (تَرْقِيْقٌ) adalah tibis sedangkan menurut
istilah Tarqiq (تَرْقِيْقٌ) adalah membunyikan huruf-huruf tertentu
dengan suara atau bacaan tipis. dan Cara membacanya yaitu
dengan menarik bibir sedikit mundur sehingga agak meringis.
Ra' wajib dibaca
tarqiq apabila ;
- Huruf ra’ itu sendiri di baca kasroh, contoh: فَرِ يْقٌ فِي ا لْجَنَّةِ
- Huruf ra’ di baca sukun dan terletak setelah huruf yang di baca kasroh, Dan sesudahny a bukan huruf isti’la’, contoh فِرْ عَوْ نَ مِرْ يَةٍ
- Apabila dalam keadaan waaf atau di waqafkan, sedangkan huruf sebelumumnya bertanda baca kasrah. Contoh هُوَ ا لْكَا فِرُ مِنْ نَا صِرٍ تَسْتَكْثِرُ Atau dalam keadaan waqaf atau di waqafkan, sedangkan di antara Huruf ra dengan huruf yang bertanda baca kasrah terdapat huruf bertanda baca sukun, contoh: باِ لسِّحْرِ
- Apabila dalam keadaan di waqafkan, sedang huruf sebelumnya huruf ya ,Yang bertanda baca sukun, contoh: ,وَ اِ لَي ا لله ِا لْمَصِيْرُ عَلَي كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Hukum Bacaan Ra' jawazul wajhain Beserta Contohnya
jawazul
wajhain ( جواز الـوجـهـيـن ) secara
bahasa artinya boleh wajah dua , sedangkan menurut istilah jawazul
wajhain adalah ra yang boleh dibaca tafkhim (tebal) atau tarqiq (tipis). Jika
ada ra sukun didahului oleh huruf berharakat kasrah sesudahnya ada huruf
isti’la bearharakat kasrah . (huruf isti’la’ yang dikasrah +
رْ + ـِـ ) .contohnya :مِنْ عِرْضِهِ -
بِحِرْصٍ
Itulah 3 hukum bacaan Ra' yang terdiri dari Ra' Tafkhim, Tarqiq dan jawazul wajhainyang dilengkapi dengan contoh dan syarat - syaratnya yang dapat saya bagikan kepada sobat sekalian yang ingin mempelajari ilmu tajwid tentang bab ra' . Semoga artikel ini dapat membantu sobat memhami lebih dalam tentang ilmu
Itulah 3 hukum bacaan Ra' yang terdiri dari Ra' Tafkhim, Tarqiq dan jawazul wajhainyang dilengkapi dengan contoh dan syarat - syaratnya yang dapat saya bagikan kepada sobat sekalian yang ingin mempelajari ilmu tajwid tentang bab ra' . Semoga artikel ini dapat membantu sobat memhami lebih dalam tentang ilmu
tajwid ,
cukup sekian dari saya Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
2. Makhorijul Huruf
A.PENGERTIAN
Makhorijul huruf adalah merupakan tempat keluarnya huruf dalam melafalkan huruf
al-Qur’an. Pengertian makhraj dari segi bahasa adalah tempat keluar. Sedangkan
dari segi istilah makhraj diartikan tempat keluarnya huruf. Mengetahui tempat
keluarnya huruf-huruf hijaiyyah adalah sangat penting karena hal ini menjadi
dasar dalam melafadkan huruf hijaiyyah secara benar.
Pengertian di atas dapat dipahami bahwa makhraj merupakan tempat keluarnya
huruf-huruf yang sudah ditentukan yaitu uruf hijaiyyah, dimana dalam membaca
al-Qur’an makhorijul Qur’an harus diketahui dan benar-benar dipahami dalam
rangka untuk menciptakan bacaan al-Qur’an yang baik dan benar.
Makhorijul Huruf ditinjau dari morfologi berasal dari Fi’il Madhi
“خَرَجَ ” yang berarti “Keluar ”. Kemudian diikutkan wazan “مَفْعَل
ٌ ” yang bershighat isim makan menjadi “مَخْرَجٌ ” yang berarti
“Tempat Keluar ”. Bentuk jama’nya adalah “مَخَارِجُ الْحُرُوْفِ ”
yang berarti “Tempat-Tempat Keluar Huruf ”. Jadi “Makhorijul Huruf ” adalah
“Tempat-Tempat Keluarnya Huruf ”.
Secara bahasa Makhraj artinya : مَوْضِعُ الْخُرُوْج ِ ,
yang berarti tampat keluar . Sedangkan menurut istilah , Makhraj adalah
: اِسْمُ لِلْمَحَلِّ الَّذِى يُنْشَاءُ مِنْهُ الْحَرْفُ , suatu
nama tempat yang pada huruf dibentuk (diucapkan).
Pengertian di atas memiliki pengertian yang sama dengan defenisi
sebelumnya, dimana Makhorijul Huruf adalah tempat-tempat keluarnya huruf pada
waktu huruf-huruf itu dibunyikan.
Ketika membaca al-Qur’an, setiap huruf harus dibunyikan sesuai dengan
Makhrajnya . Kesalahan dalam pengucapan huruf dapat menimbulkan perbedaan makna
atau kesalahan arti pada bacaan yang sedang dibaca. Dalam kondisi tertentu,
kesalahan ini bahkan dapat menyebabkan kekafiran apabila dilakukan dengan
sengaja. Kesalahan Makhraj yang menyebabkan berubahnya arti misalnya Ha’
(ح ) pada lafaz “الرَّحِيْم ُ ” yang artinya “Maha Penyayang ”
pada kalimat basmalah yang terbaca Kha’ “الرَّخِيْم ُ” (خ ) yang
artinya “Suara Merdu ”. Maka jauhlah artinya dari apa yang dikehendaki Allah
swt.
Tiap-tiap huruf hijaiyah mempunyai tempat keluarnya masing-masing dari
bagian-bagia mulut tertentu. Tempat keluar huruf ini dinamakan Makhraj. Makhraj
huruf ini dapat dikelompokkan atas:
1. Kelompok huruf-huruf Halqiah (Tenggorokan)
2. Kelompok huruf-huruf Lahawiyah (Tekak)
3. Kelompok huruf-huruf Syajariah (Tengah Lidah)
4. Kelompok huruf-huruf Asaliyah (Ujung Lidah)
5. Kelompok huruf-huruf Dzalaqiyah (Pinggir Lidah)
6. Kelompok huruf-huruf Nith'iyah (Langit-langit Mulut)
7. Kelompok huruf-huruf Litsawiyah (Gusi)
8. Kelompok huruf-huruf Syafawiyah (Bibir)
. Huruf - huruf Dzalaqiyah
Huruf-hurufnya adalah: lam, nun dan ra. ( ل ،
ن ، ر )
Huruf lam ( ل ) makhrajnya adalah di ujung lidah sejajar dengan gusi
atas.
Huruf ra ( ر ) makhrajnya adalah di ujung lidah, sedikit di bawah
makhraj nun.
3.Qira'ah Sab'ah
Tentang Sejarah dan latar belakang Qira'ah Sab'ah
Al Qur'an Yang Agung
Al Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab.Dalam sejarah pemeliharaan Al Qur'an dimasa Sahabat,Tabi'in dan Tabi'it Tabi'in,ada beberapa lahjah,pembacaan dan dialek yang berbeda dalam pengucapan kata kata maupun kalimat dalam membaca Al Qur'an diantara suku suku atau qabilah qabilah Arab.Diantara lahjah lahjah bahasa Arab yang mashur ialah Lahjah lahjah Quraisy,Hudzail,Tamim,Asad,Rabi'ah Hawazin dan Sa'ad.Yang dalam tarikh melahirkan Qira'ah Sab'ah (tujuh) yang termashur itu.
Latar Belakang Qira’ah Sab’ah
1. Ta’rifnya
هو يعرف به كيفه ا لنطق في ا لكلما ت القران نيه وطر يقه ا دا تها انفا قا واختلا فا معا عرفكلوجه لنا قلها
Artinya yaitu suatu ilmu tentang tata cara mengucapkan ayat-ayat Al Qur’an baik yang disepakati maupun yang terjadi perbedaan yang disandarkan pada seorang Imam Qira’at.
Qira’at adalah bentuk ucapan (pengucapan) kalimat Al Qur’an yang di dalamnya termasuk perbedaan-perbedaan dialektis yang bersumber dari Rosululloh SAW.
Tiap-tiap Qiraat yang disandarkan pada seorang Imam memiliki kaidah-kaidah dialektika tertentu dan juga memiliki rumusan-rumusan tajwid yang berbeda-beda dalam rangka untuk membaguskan bacaannya. Dari sini dapat dikatakan bahwa Qira’at dan tajwid merupakan dua ilmu yang berbeda tetapi sangat berkaitan erat. Ilmu Qira’at mengenai bentuk peengucapan, dialektika sedangkan ilmu tajwid bagaimana mengucapkan dengan baik.
هو يعرف به كيفه ا لنطق في ا لكلما ت القران نيه وطر يقه ا دا تها انفا قا واختلا فا معا عرفكلوجه لنا قلها
Artinya yaitu suatu ilmu tentang tata cara mengucapkan ayat-ayat Al Qur’an baik yang disepakati maupun yang terjadi perbedaan yang disandarkan pada seorang Imam Qira’at.
Qira’at adalah bentuk ucapan (pengucapan) kalimat Al Qur’an yang di dalamnya termasuk perbedaan-perbedaan dialektis yang bersumber dari Rosululloh SAW.
Tiap-tiap Qiraat yang disandarkan pada seorang Imam memiliki kaidah-kaidah dialektika tertentu dan juga memiliki rumusan-rumusan tajwid yang berbeda-beda dalam rangka untuk membaguskan bacaannya. Dari sini dapat dikatakan bahwa Qira’at dan tajwid merupakan dua ilmu yang berbeda tetapi sangat berkaitan erat. Ilmu Qira’at mengenai bentuk peengucapan, dialektika sedangkan ilmu tajwid bagaimana mengucapkan dengan baik.
2. Dasar Hukumnya
Agar al Qur’an mudah dibaca sebagian kabilah arab yang kenyataannya pada masa itu mereka mempunyai tingkat yang berbeda beda, maka Rosulullah membuat legitimasi bacaaan Al Qur’an dari Allh AWT untuk dialek bahasa yang mereka miliki.
Banyak hadis-hadis nabi yang menerangkan bahwa Allah telah mengizinkan bacaan Al Qur’an dengan tujuh wajah umat Islam mudah membacanya.
Dari Ibnu Abas RA ia berkata: Rasulullah bersabda.
اقرانيجبرل علي حرف فربعته فلم ازل يده ويزيدنيحتي انتهيعلي سبعة احرف (روه البخاري ومسلم)
Artinya: jibril telah memberikan Al Qur’an kepadaku dengan satu huruf, lalu aku senantiasa mendesah dan berulang kali meminta agar ditambah, dan ia menambahnya hingga sampai tujuh huruf (HR. Bukhori Muslim)
Imam Bukhori dan Muslim juga telah meriwayatkan satu hadis bahwa Umar bin Khotob ra berkata yang artinya: pada suatu hari di masa hidup Rasulullah SAW, aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca Surah Al Furqon dan aku memperhatikan bacaannya, ternyata ia membaca dengan huruf yang banyak, belum pernah Rosulullah membacakan kepadaku. Hampir saja aku menerkamnya yang masih dalam keadaan sholat itu, tetapi aku bersabar hingga ia salam. Kemudian aku pegang leher bajunya seraya bertanya dari mana ia memperoleh bacaan seperti itu. Hisyam menjawab; bahwa Rasul telah membacakan kepadanya. Engkau bohong. Sebab Rosul telah membacakan kepadaku tidak seperti itu, kataku. Kemudian ku ajak ia menghadap Rosul dan menceritakan kejadian itu. Kemudian Rosul meminta Hisyam mengulangi bacaannya, dan setelah selesai maka Rosul pun bersabda: Demikianlah Al Qur’an diturunkan dan kemudian beliau pun bersabda: Sesungguhnya Al Qur’an itu diturunkan dengan tujuh huruf maka bacalah mana yang mudah (H.R. Bukhari, Muslim dari hadist Miskar bin Rokhimah dan Abdul Rahmah dan Abdul Qori’)
Agar al Qur’an mudah dibaca sebagian kabilah arab yang kenyataannya pada masa itu mereka mempunyai tingkat yang berbeda beda, maka Rosulullah membuat legitimasi bacaaan Al Qur’an dari Allh AWT untuk dialek bahasa yang mereka miliki.
Banyak hadis-hadis nabi yang menerangkan bahwa Allah telah mengizinkan bacaan Al Qur’an dengan tujuh wajah umat Islam mudah membacanya.
Dari Ibnu Abas RA ia berkata: Rasulullah bersabda.
اقرانيجبرل علي حرف فربعته فلم ازل يده ويزيدنيحتي انتهيعلي سبعة احرف (روه البخاري ومسلم)
Artinya: jibril telah memberikan Al Qur’an kepadaku dengan satu huruf, lalu aku senantiasa mendesah dan berulang kali meminta agar ditambah, dan ia menambahnya hingga sampai tujuh huruf (HR. Bukhori Muslim)
Imam Bukhori dan Muslim juga telah meriwayatkan satu hadis bahwa Umar bin Khotob ra berkata yang artinya: pada suatu hari di masa hidup Rasulullah SAW, aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca Surah Al Furqon dan aku memperhatikan bacaannya, ternyata ia membaca dengan huruf yang banyak, belum pernah Rosulullah membacakan kepadaku. Hampir saja aku menerkamnya yang masih dalam keadaan sholat itu, tetapi aku bersabar hingga ia salam. Kemudian aku pegang leher bajunya seraya bertanya dari mana ia memperoleh bacaan seperti itu. Hisyam menjawab; bahwa Rasul telah membacakan kepadanya. Engkau bohong. Sebab Rosul telah membacakan kepadaku tidak seperti itu, kataku. Kemudian ku ajak ia menghadap Rosul dan menceritakan kejadian itu. Kemudian Rosul meminta Hisyam mengulangi bacaannya, dan setelah selesai maka Rosul pun bersabda: Demikianlah Al Qur’an diturunkan dan kemudian beliau pun bersabda: Sesungguhnya Al Qur’an itu diturunkan dengan tujuh huruf maka bacalah mana yang mudah (H.R. Bukhari, Muslim dari hadist Miskar bin Rokhimah dan Abdul Rahmah dan Abdul Qori’)
B. LATAR BELAKANG TIMBULNYA PERBEDAAN QIRA’AT
Beberapa
faktor yang melatar belakangi timbulnya perbedaan qira’at diantaranya yaitu :
- Perbedaan syakkal, harokat atau huruf. Karena mushaf mushaf terdahulu tidak menggunakan syakkal dan harokat, maka imam-imam qira’at membantu memberikan bentuk-bentuk qira’at.
- Nabi sendiri melantunkan berbagai versi qira’ah didepan sahabat-sahabatnya. Seperti dalah suatu hadis:
“Dari umar bin khathab, ia berkata, “aku mendengar hisyam bin hakim membaca
surat al-furqon di masa hidup rasulullah. aku perhatikan bacaannya. tiba-tiba
ia membaca dengan banyak huruf yang belum pernah dibacakan rasulullah kepadaku,
sehingga hampir saja aku melabraknya di saat ia shalat, tetapi aku urungkan.
maka, aku menunggunya sampai salam. begitu selesai, aku tarik pakaiannya dan
aku katakan kepadanya, ‘siapakah yang mengajarkan bacaan surat itu kepadamu?’
ia menjawab, ‘rasulullah yang membacakannya kepadaku. lalu aku katakan
kepadanya, ‘kamu dusta! demi Allah, rasulullah telah membacakan juga kepadaku
surat yang sama, tetapi tidak seperti bacaanmu. kemudian aku bawa dia menghadap
rasulullah, dan aku ceritaan kepadanya bahwa aku telah mendengar orang ini
membaca surat al-furqon dengan huruf-huruf (bacaan) yang tidak pernah engkau
bacakan kepadaku, padahal engkau sendiri telah membacakan surat al-furqon
kepadaku. maka rasulullah berkata, ‘lepaskanlah dia, hai umar. bacalah surat
tadi wahai hisyam!’ hisyam pun kemudian membacanya dengan bacaan seperti
kudengar tadi. maka kata rasulullah, ‘begitulah surat itu diturunkan.’ ia
berkata lagi, ‘bacalah, wahai umar!’ lalu aku membacanya dengan bacaan
sebagaimana diajarkan rasulullah kepadaku. maka kata rasulullah, ‘begitulah
surat itu diturunkan. Sesungguhnya Al-Qur’an itu diturunkan dengan tujuh huruf,
maka bacalah dengan huruf yang mudah bagimu di antaranya.’” (HR Bukhari,
Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Jarir)
3. Adanya pengakuan nabi
(takrir) terhadap berbagai versi qira’ah para sahabatnya.
4. Perbedaan riwayat dari para
sahabat nabi menyangkut bacaan ayat-ayat tertentu.
5. Karen perbedaan dialek
(lahjah) dari berbagai unsur etnik dimasa nabi.
TOKOH QIRAAH
a. Nafi’ bin Abdurrahman
(w.169 H.) di Madinah
Nama
lengkapnya adalah Abu Ruwaim Nafi’ ibnu Abdurrahman ibnu Abi Na’im al-Laitsy,
asalnya dari Isfahan. Dengan kemangkatan Nafi’ berakhirlah kepemimpinan para
qari di Madinah al-Munawwarah. Beliau wafat pada tahun 169 H. Perawinya adalah
Qalun wafat pada tahun 12 H, dan Warasy wafat pada tahun 197 H.
Syaikh
Syathiby mengemukakan: “Nafi’ seorang yang mulia lagi harum namanya, memilih
Madinah sebagai tempat tinggalnya. Qolun atau Isa dan Utsman alias Warasy,
sahabat mulia yang mengembangkannya.
b. Ashim bin Abi Nujud
Al-asady (w. 127 H.) di Kufah
Nama
lengkapnya adalah ‘Ashim ibnu Abi an-Nujud al-Asady. Disebut juga dengan Ibnu
Bahdalah. Panggilannya adalah Abu Bakar, ia adalah seorang tabi’in yang wafat
pada sekitar tahun 127-128 H di Kufah. Kedua Perawinya adalah; Syu’bah wafat
pada tahun 193 H dan Hafsah wafat pada tahun 180 H.
Kitab Syathiby
dalam sya’irnya mengatakan: “Di Kufah yang gemilang ada tiga orang. Keharuman
mereka melebihi wangi-wangian dari cengkeh Abu Bakar atau Ashim ibnu Iyasy
panggilannya. Syu’ba perawi utamanya lagi terkenal pula si Hafs yang terkenal
dengan ketelitiannya, itulah murid Ibnu Iyasy atau Abu Bakar yang diridhai.
c. Hamzah bin Habib At-Taymy
(w. 158 H.) di Kufah
Nama
lengkapnya adalah Hamzah Ibnu Habib Ibnu ‘Imarah az-Zayyat al-Fardhi ath-Thaimy
seorang bekas hamba ‘Ikrimah ibnu Rabi’ at-Taimy, dipanggil dengan Ibnu ‘Imarh,
wafat di Hawan pada masa Khalifah Abu Ja’far al-Manshur tahun 158 H. Kedua
perawinya adalah Khalaf wafat tahun 229 H. Dan Khallad wafat tahun 220 H.
dengan perantara Salim.
Syatiby
mengemukakan: “Hamzah sungguh Imam yang takwa, sabar dan tekun dengan
Al-Qur’an, Khalaf dan Khallad perawinya, perantaraan Salim meriwayatkannya.
d. Ibnu amir al- yahuby (w.
118 H.) di Syam
Nama
lengkapnya adalah Abdullah al-Yahshshuby seorang qadhi di Damaskus pada masa
pemerintahan Walid ibnu Abdul Malik. Pannggilannya adalah Abu Imran. Dia adalah
seorang tabi’in, belajar qira’at dari Al-Mughirah ibnu Abi Syihab al-Mahzumy
dari Utsman bin Affan dari Rasulullah SAW. Beliau Wafat di Damaskus pada tahun
118 H. Orang yang menjadi murid, dalam qira’atnya adalah Hisyam dan Ibnu
Dzakwan.
Dalam hal
ini pengarang Asy-Syathiby mengatakan: “Damaskus tempat tinggal Ibnu
‘Amir, di sanalah tempat yang megah buat Abdullah. Hisyam adalah sebagai
penerus Abdullah. Dzakwan juga mengambil dari sanadnya.
e. Abdullah Ibnu Katsir (w.
130 H.) di Makkah
Nama
lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdullah Ibnu Katsir ad-Dary al-Makky, ia adalah
imam dalam hal qira’at di Makkah, ia adalah seorang tabi’in yang pernah hidup
bersama shahabat Abdullah ibnu Jubair. Abu Ayyub al-Anshari dan Anas ibnu
Malik, dia wafat di Makkah pada tahun 130 H. Perawinya dan penerusnya adalah
al-Bazy wafat pada tahun 250 H. dan Qunbul wafat pada tahun 291 H.
Asy-Syathiby
mengemukakan: “Makkah tempat tinggal Abdullah. Ibnu Katsir panggilan kaumnya.
Ahmad al-Bazy sebagai penerusnya. Juga….. Muhammad yang disebut Qumbul namanya.
f. Abu Amr Ibnul Ala (w. 154
H) di Basrah
Nama
lengkapnya adalah Abu ‘Amr Zabban ibnul ‘Ala’ ibnu Ammar al-Bashry, sorang guru
besar pada rawi. Disebut juga sebagai namanya dengan Yahya, menurut sebagian
orang nama Abu Amr itu nama panggilannya. Beliau wafat di Kufah pada tahun 154
H. Kedua perawinya adalah ad-Dury wafat pada tahun 246 H. dan as-Susy wafat
pada tahun 261 H.
Asy-Syathiby
mengatakan: “Imam Maziny dipanggil orang-orang dengan nama Abu ‘Amr al-Bashry,
ayahnya bernama ‘Ala, Menurunkan ilmunya pada Yahya al-Yazidy. Namanya terkenal
bagaikan sungai Evfrat. Orang yang paling shaleh diantara mereka, Abu Syua’ib
atau as-Susy berguru padanya.
g. Abu Ali Al- Kisa’i
(w. 189 H) di Kufah
Nama
lengkapnya adalah Ali Ibnu Hamzah, seorang imam nahwu golongan Kufah. Dipanggil
dengan nama Abul Hasan, menurut sebagiam orang disebut dengan nama Kisaiy
karena memakai kisa pada waktu ihram. Beliau wafat di Ranbawiyyah yaitu
sebuah desa di Negeri Roy ketika ia dalam perjalanan ke Khurasan bersama
ar-Rasyid pada tahun 189 H. Perawinya adalah Abul Harits wafat pada tahun 424
H, dan ad-Dury wafat tahun 246 H.
4.Ilmu Shorof
ومعني"الله"->الإله، واله بمعني مألوه اي معبود، لكن حذفت الهمزة
تخفيفا لكثرة الإستعمال
الرمحن، اصله رحما، من فعل ثلث المجرد صحيح، رحم-يرحم رحما،والنون عود عن
التنوين. ليجعله معرفة
رحم يرحم رحما، فهو راحم وذاك مرحوم، ارحم لاترحم، مرحم، مرحم
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Ilmu tadwid
adalah ilmu yang membahas tata cara mengucapkan setiap huruf dari tewmpat
keluarnya serta memberikan haq dan mustahaq dari sifat-sifatnya,dalam hal ini
kami menyoroti lebih detail lagi yaitu huruf ro dan lam,sehingga nantinya dapat
mengantarkan menjadi pedoman membaca al quran yg baik dan benar yang dalam
istilah ilmu al quran di sebut tartil.kami mencoba menyajikan sedetail mungkin
dari aspek sudut pandang ilmu tajwid,mahkkrijul huruf,perbedaan menurut imam yg
tujuh atau qiroah sabah,dan dari sudut pandang perubahan kaliamat dari hukum
yang berkaitan.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar